Soros Unauthorized Biography - Robert Slater - 23

Virus Biasa Dikenal sebagai Hubris

Semuanya sangat ironis. Sudah begitu lama, George Soros menginginkan para politisi untuk berdiri dan memperhatikannya. Sekarang mereka melakukan hal itu. Dia, tentu saja, menginginkan rasa hormat mereka, bukan kecurigaan mereka. Dia mendapatkan yang terakhir.

Langkah-langkah Soros yang memukau di awal tahun 1993, ditambah dengan berita bahwa ia telah menghasilkan $ 650 juta pada tahun 1992, membuat para politisi terdiam. Mereka mengingat dengan sangat baik tahun 1980-an dan cara Michael Milken, Ivan

Boesky, dan bintang-bintang lain di era pengambilalihan telah meraup jutaan dolar.

Yang tak terhapuskan dalam pikiran para politisi adalah terungkapnya era pengambilalihan, ketika terungkap bahwa sebenarnya Milken, Boesky, dan sejumlah lampu yang lebih kecil telah memanfaatkan informasi orang dalam. Semua orang - pada awalnya - kagum pada betapa pintarnya orang-orang ini. Ternyata, bintang-bintang bisnis tahun 1980-an tidak sepintar yang terlihat.

Dan sekarang para politisi percaya mereka harus melatih pandangan mereka pada George Soros dan seluruh fenomena dana lindung nilai. Mereka tidak punya alasan untuk percaya bahwa dia berlaku seperti Milken dan Boesky.

Dosa Soros, seperti yang mereka rasakan, menghasilkan begitu banyak uang. Perasaan tidak enak bertahan di Washington.

Karena di sini ada para peternak ini, menghasilkan uang dalam jumlah besar, dan tak seorang pun di luar Wall Street, dan kadang-kadang bahkan di dalam, tampaknya tahu apa yang dilakukan para lelaki uang itu, bagaimana sebenarnya mereka telah menghasilkan kekayaan. Pandangan itu berangsur-angsur diterima di Washington bahwa Soros dan manajer dana lindung nilai lainnya harus ditanyai beberapa pertanyaan menyelidik. Mereka harus dipanggil ke akun.

Maka Henry Gonzales, ketua Komite Perbankan Rumah yang kuat, mengumumkan pada bulan Juni 1993 bahwa ia berencana untuk meminta Dewan Cadangan Federal dan Komisi Sekuritas dan Bursa untuk memperhatikan secara cermat transaksi valuta asing George Soros's.

Dana Quantum. Berbicara dari lantai rumah, Gonzales mengatakan dia penasaran ingin tahu bagaimana Soros bisa mendapatkan keuntungan sebesar itu. Dia berharap untuk mengetahui berapa banyak modal Soros berasal dari pinjaman bank dan seberapa banyak bank Amerika yang terekspos terhadap Dana Soros. "Dalam waktu dekat," janji legislator, "saya akan meminta Federal Reserve dan SEC untuk meninjau dampak Mr Soros pada pasar valuta asing untuk menentukan apakah mungkin bagi aktor individu seperti Tuan Soros untuk memanipulasi pasar valuta asing. "

Memanipulasi.

Itu kata yang kuat.

Ini bukan jalan-jalan di taman untuk Tuan Soros.

Gonzales menambahkan bahwa "demi kepentingan terbaik Federal Reserve dan bank sentral lainnya untuk sepenuhnya memahami metodologi Mr. Soros untuk memanipulasi pasar valuta asing. Lagi pula, mereka bersaing secara langsung dengannya dalam suatu upaya untuk memanipulasi nilai berbagai mata uang. "

Sidang tidak akan berlangsung selama hampir satu tahun lagi. Namun efek dari pengumuman Gonzales adalah untuk mengacaukan seluruh permainan dana lindung nilai. Ketika mereka menyaksikan dan menunggu, Soros dan komunitas hedge fund lainnya harus bertanya-tanya apa yang ada di toko untuk mereka.


Namun, pada musim panas 1993, Soros merasa cukup baik tentang dirinya sendiri. Dia tampak tenang. Dia mengambil semua pembicaraan tentang menjadi guru pasar dengan ketenangan hati tertentu. Dia tampak lebih bahagia daripada satu dekade sebelumnya. Edgar Astaire, mitra London-nya, menemukan dia jauh lebih puas dengan dirinya sendiri daripada di tahun-tahun awal, ketika "dia sangat masam, seorang fsh dingin. Semua yang berbicara sekarang tentang bagaimana dia dapat menggerakkan pasar, bahwa dia seorang guru, ia memiliki mempengaruhi dia. Dia lebih ekspansif. Dia menikmati hidup. Saya telah melihatnya lebih terkekeh. "

Soros sepertinya menyukai semua perhatian, tapi dia merasakan itu adalah fenomena yang berlalu. "Saya tidak memanipulasi pasar tetapi saya tidak dapat menyangkal bahwa untuk saat ini saya memiliki mistik tertentu di sekitar saya sebagai operator pasar. Saat ini orang-orang memperhatikan banyak hal yang saya lakukan. Dan fakta bahwa emas naik $ 15 (dalam pertengahan Mei 1993] setelah pembelian saham ini di Newmont ada hubungannya dengan pembelian saya. Itu memang terjadi. Tetapi setelah saya melakukan beberapa langkah salah, orang-orang tenang. "

Dia melakukan manipulasi pintar terhadap media.

Setelah menarik minat mereka, Soros tahu bahwa ia harus menolak membanjirnya pertanyaan wartawan tentang apa yang ia lakukan di pasar. Dia ingin fokus pada program bantuannya, dan dia berhasil dengan luar biasa dalam hal itu. Memang, pada tahun 1993 dan 1994, sebagian besar artikel yang ditulis tentang Soros berfokus pada filantropinya. Reporter merasa harus menyebutkan sisi investasi dalam hidupnya, tetapi hanya diberi sedikit informasi, mereka memperlakukan subjek secara dangkal.

Mendeteksi manfaat yang dapat diberikan publisitas pada program bantuan, Soros melakukan pemanasan kepada media. Dia duduk untuk wawancara lebih lanjut setelah kudeta September 1992 dan karenanya menerima banyak pers positif, terutama di Inggris. Misalnya, The Observer menjadi berita utama pada 10 Januari 1993, tentang "Manusia yang mendobrak Bank"; pada 14 Maret, London Standard menayangkan ceritanya, "Master of the Universe."

Kru televisi dari Inggris dan Amerika Serikat meminta kerjasamanya untuk film dokumenter pendek tentang kariernya. Untuk pertama kalinya, ia memberi mereka izin untuk syuting di kantor investasinya di New York dan di gudang bawah tanah Budapest tempat ia bersembunyi dari Nazi.

Bagi Soros, itu tentu bermanfaat. Dalam sebuah film dokumenter ABC-TV yang ditayangkan pada 13 Desember 1993, dia berkata: "[Dana saya] telah menjadi sangat besar sehingga tidak masuk akal kecuali saya memiliki kegunaan untuk uang .... Tampaknya lebih mudah [untuk menghasilkan uang daripada membelanjakannya]. Sepertinya saya memiliki fasilitas yang lebih besar dalam membuatnya daripada membuat keputusan yang tepat dalam memberikannya. "

Tidak ada lagi krisis identitas yang menguasainya. Soros tampaknya individu yang paling puas. Tetap saja, dia mendambakan lebih banyak dari kehidupan, ketika dia menjelaskan dalam sebuah wawancara luar biasa yang dia berikan kepada majalah Leadership pada Juli 1993. Reporter itu bertanya kepadanya bagaimana dia melihat dirinya pada saat ini?

Soros: "Saya adalah pekerjaan yang sedang berjalan dan saya agak puas dengan kurva yang telah diambil oleh berbagai peristiwa. Saya menyukai diri saya jauh lebih baik daripada yang saya lakukan ketika saya murni berada di pihak penghasil uang. Sekarang saya merasa lebih lengkap .... Jika saya bisa

maju menuju pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana semuanya tergantung bersama, itu akan memberi saya kepuasan yang besar. "

Singkatnya, dia masih menginginkan jawaban atas semua pertanyaan eksistensial yang telah menggodanya sebagai mahasiswa di London pada awal 1950-an.

Reporter itu bertanya kepadanya apakah ia memiliki titik cutoff, mungkin berarti pensiun.

Soros menjawab dalam negatif: "Saya pikir itu akan menjadi semacam kekalahan. Tapi saya ingin menjaga hal-hal dalam batas tertentu sehingga saya tidak naik ke panggung itu. Jelas ada saat ketika itu bisa menjadi terlalu banyak dan saya tidak akan bisa mengatasinya. "

Apakah dia pernah merasa terbiasa? Semua orang dengan jumlah uang yang besar merasakan hal itu pada satu waktu atau yang lain. Apakah Soros?

"Tidak. Aku merasa cukup pandai mengidentifikasi risiko ini dan menghindarinya. Aku menerimanya sebagai bagian dari permainan."

Reporter: "Anda berbicara tentang tanggung jawab memiliki begitu banyak uang, dan menanganinya sedemikian rupa sehingga Anda tidak dipandang sebagai pencari diri yang kotor. Apakah itu hal yang sulit?"

Soros: "Saya tidak terlalu peduli tentang itu. Saya yakin cerita itu akan ditulis, jika belum dilakukan. Saya tidak berpikir saya punya sesuatu untuk dipertahankan. Saya pikir masalahnya ada di tempat lain. Apakah saya seorang budak kesuksesan saya, atau saya yang bertanggung jawab atas nasib saya?

"Ada yang namanya terlalu sukses dan terlalu banyak yang harus dilakukan untuk menjadi sukses. Saya perlu mencapai keseimbangan yang tepat dan tidak terhanyut oleh kesuksesan saya sendiri. Saya tidak boleh tersedot ke dalam sesuatu yang di luar saya. Itu adalah permainan nyata dalam hidup saya, karena itu adalah bagian yang mengambil risiko. "

Kemudian, pertanyaan yang sangat bagus: Jika Soros tidak menghasilkan semua uang itu dan tidak memberikan potongan itu, apa yang mungkin dilakukannya? Dia mengaku telah memikirkan pertanyaan itu sendiri. Dia pertama kali menanyakannya sendiri pada awal 1960-an, ketika dia kembali ke Hongaria untuk pertama kalinya. "Saya sampai pada kesimpulan bahwa saya akan mengendarai taksi dengan turis untuk mendapatkan mata uang asing." Dia bisa membayangkan dirinya sebagai pengusaha kelas menengah yang cukup kaya. Apakah dia menyarankan bahwa seandainya terjadi peristiwa yang berbeda, dia bisa menjadi seorang sopir taksi tua biasa, bergegas mencari nafkah?


Sementara itu, pada musim panas 1993, Soros membuktikan sebuah teka-teki yang lebih besar bagi komunitas keuangan. Sampai sekarang, sembilan bulan setelah kudeta pound September 1992, Soros telah dipikirkan hampir secara mistis, setiap ucapannya merupakan sinyal untuk diikuti pasar.

Namun, selama musim panas ini kesulitan bagi Komunitas Eropa, pengamat Soros merasa semakin sulit untuk memahami apa yang ada dalam pikiran Guru, untuk mengukur aspek pasar keuangan apa yang dia sukai. Dia tampak seperti seorang lelaki yang sedang mengendarai jungkat-jungkit, satu menit naik, berikutnya turun. Pengalaman itu sering membingungkan bagi mereka yang mencoba mengikuti gerakannya.

Dan semua orang berusaha mencari tahu apa langkah-langkah itu ketika Mekanisme Nilai Tukar tampak hancur. Pernah sebelum Soros mengambil ERM, dan menang. Sekarang ada ketakutan baru bahwa dia akan mencoba lagi.


Franc Perancis telah berada di bawah tekanan yang meningkat. Suku bunga Jerman yang tinggi menarik modal ke mark Jerman dan jauh dari franc, memaksa mata uang Prancis turun ke tingkat minimum yang diizinkan di bawah ERM. Spekulan menjual franc. Prancis, bagaimanapun, tidak punya keinginan untuk mendevaluasi itu.

Pada hari Senin, 26 Juli, Soros mengatakan kepada surat kabar Prancis Le Figaro bahwa ia tidak berspekulasi terhadap franc. Alasannya: Dia tidak ingin ada yang menuduhnya menghancurkan ERM. Intinya, Soros memberikan suara kepercayaan kepada franc, menunjukkan bahwa itu akan bertahan dari turbulensi saat ini tanpa Prancis harus mengeluarkannya dari ERM.

Soros tampaknya tidak ikut campur. Tetapi ketika Bundesbank bertemu dan memilih untuk tidak mengubah tingkat diskonto utamanya, Soros marah dan terdengar seolah dia merasa dikhianati. "Saya pikir sistemnya akan rusak," dia memperkirakan.

Pada hari Jumat, 30 Juli, ia kemudian mengirim faks siaran pers kepada Reuters di London di mana ia menyatakan: "Setelah keputusan Bundesbank untuk tidak menurunkan tingkat diskonto, saya merasa tidak lagi terikat oleh deklarasi yang saya buat di Le Figaro . Itu sia-sia untuk mencoba melindungi Sistem Moneter Eropa dengan menjauhkan diri dari perdagangan mata uang ketika jangkar sistem, Bundesbank, bertindak tanpa memperhatikan kepentingan anggota lainnya. "

Dia membandingkan franc Prancis dengan istri yang babak belur yang, meskipun dipukuli, tetap bersama suaminya - dalam hal ini, ERM. "Aku tidak berharap pengaturan saat ini akan beroperasi Senin pagi." Dia menyatakan bahwa dia sekarang merasa bebas untuk melanjutkan perdagangan dalam franc Perancis.

Kebingungan memerintah dalam komunitas keuangan atas apa yang dilakukan George Soros - dan apa yang ia coba komunikasikan. Ketika para menteri Eropa dengan panik berusaha menyelamatkan ERM di Brussel, Soros tetap menyendiri, berusaha memberi kesan berbeda bahwa ia berada di atas keributan, kali ini acuh tak acuh terhadap krisis ERM lainnya.

Seorang reporter untuk New York Times menangkapnya melalui telepon ketika dia sedang bersantai di dekat kolam renangnya di rumahnya di Southampton, terdengar, menurut reporter Times , lebih seperti seorang negarawan yang lebih tua daripada seorang pedagang mata uang. "Tepat karena saya tidak ingin membuat pasar gila, saya tidak akan mengatakan apa yang saya lakukan," katanya kepada wartawan. Soros tidak memberikan rahasia. Yang akan dia katakan adalah bahwa dia belum berspekulasi dalam mata uang Eropa sebelum Jumat siang. Kedengarannya sangat seperti dia mulai berdagang di franc setelah itu.

Apakah itu benar?

Soros tidak akan mengatakannya. Karena ingin melumpuhkan orang lain dari anggapan bahwa ia hanyalah seorang spekulan, ia terus bertindak seperti seorang negarawan yang lebih tua. "Saya sangat percaya di Eropa dan memiliki sistem, dan peserta harus peduli tentang menjaga sistem dan tidak hanya membuat keuntungan untuk diri mereka sendiri."

Dia tidak lagi merasa berada di atas keributan.

Pada tanggal 4 Agustus, ia membuat pengumuman publik tentang tanda tersebut. Dia percaya bahwa kebijakan Bundesbank mendorong Jerman lebih jauh ke dalam resesi, dan karenanya dia menjual nilai-nilainya. "Saya sendiri berspekulasi menentang tanda, menjual tanda dan mendapatkan dolar dan yen," kata Soros di televisi Jerman. "Dalam jangka panjang ini adalah posisi yang seharusnya dimiliki seseorang terhadap sasaran." Dia menambahkan bahwa kebijakan suku bunga tinggi dari bank Jerman adalah self-defeating dan harus menurunkan suku bunga untuk membantu menghidupkan kembali ekonomi Eropa.

Pada awalnya Soros tampaknya benar. Pada bulan Juni, ketika Soros membuat prediksi pertamanya, tandanya berada di 1,625 terhadap dolar. Pada akhir Juli mencapai titik terendah 1,75. Tetapi pada pertengahan September, mata uang Jerman menguat terhadap dolar, diperdagangkan pada 1,61.

Hingga saat ini, beberapa orang mempertanyakan hak Soros untuk membuat pernyataan publik tentang perdagangannya. Gurus melakukan itu. Namun keyakinan tumbuh bahwa Soros mungkin sudah terlalu jauh dalam memberikan nasihat kepada negarawan di dunia.

Pada 1 Agustus, misalnya, ia muncul di program televisi Inggris untuk menjelaskan intervensi militer Barat di Balkan. Dia berpendapat bahwa menoleransi doktrin negara "yang dibersihkan secara etnis" menandai akhir dari peradaban.

Lagi pula, siapa yang menunjuknya?

The Daily Telegraph, dalam tajuk rencana 5 Agustus 1993, dengan baik menyimpulkan perasaan ambivalen yang dimiliki banyak orang terhadap Soros pada musim panas itu: "Sejak dia bertaruh $ 10 miliar bahwa pound akan jatuh dari Mekanisme Nilai Tukar, setiap ucapannya telah diungkapkan. dipuji sebagai oracle, dan surat-suratnya dan artikel di koran sebagai tulisan suci ....

"Juga tidak ada orang yang berharap Mr. Soros sakit. Politisi dan bank sentral kontinental yang dalam beberapa hari terakhir menyalahkan spekulan seperti dia atas runtuhnya ERM harus mengurangi amarah mereka: Kesalahan sepenuhnya menjadi milik mereka karena berusaha mempertahankan pertukaran dan kepentingan yang tidak berkelanjutan. tarif....

"Tapi ada juga ruang untuk berhati-hati. Ada rasa keangkuhan tentang komunikasi Mr. Soros yang semakin muluk-muluk dengan media ....

"Ketika kita membaca minggu ini bahwa Tuan Soros mendukung serangan udara untuk meningkatkan pengepungan Sarajevo, kita mulai berpikir dia membutuhkan liburan. Dia mungkin percaya bahwa dengan anggukan atau kedipan dia tidak hanya dapat menentukan pertukaran asing tetapi juga asing kebijakan .... Tapi kesediaan dunia untuk berpegang teguh pada setiap ucapan Tuan Soros seharusnya tidak membodohinya untuk memercayai mereka semua sendiri. "

Dua hari kemudian, pada 7 Agustus, The Economist melangkah lebih jauh dalam sebuah tulisan berjudul "Talkative."

'Apakah George Soros menjadi gila? Surat kabar dan siaran semakin dipenuhi dengan pernyataan berat oleh investor kelahiran Hungaria yang berbasis di New York tentang segala hal, mulai dari perbankan hingga Bosnia. Dalam beberapa hari terakhir, ketika mekanisme nilai tukar Eropa berada di atas ranjang, pandangan Mr. Soros setidaknya telah menarik perhatian sebanyak yang dari kepala Bundesbank Bahwa pers harus tertarik pada Mr Soros masuk akal, dia, setelah semua, adalah Pria Yang Pecah Bank of England .... Namun investor dengan sesuatu seperti kekuatannya cenderung tidak berdasar sebelum waktunya. Mengapa dia tidak? "

Majalah itu bertanya mengapa Soros begitu sering menggerakkan tangannya di depan umum?

"[Alasan pertama] pastilah karena Tuan Soros tidak segan dipandang sebagai guru investasi yang luar biasa di usianya. Dia pantas untuk itu." Motif lain mungkin bahwa Soros tidak lagi puas untuk tetap menjadi mata hijau yang kaya. naungan tetapi ingin mempengaruhi kebijakan publik pada masalah besar pada masanya. Ambisi yang mengagumkan, meskipun mungkin lebih baik dipenuhi melalui jenis filantropi yang ia praktikkan di Eropa Timur.

'Alasan terakhir di balik keinginan Mr. Soros yang jelas untuk publisitas mungkin adalah karena dia kurang peduli dibandingkan dengan dia dalam manajemen Quantum sehari-hari."

Rentetan media berlanjut ketika Barron menimbang pada 16 Agustus. "Di masa lalu, George adalah tipe pendiam. Dia adalah anggota Roundtable yang cerdas dan dihargai selama beberapa tahun, tetapi selain itu dia lebih suka membiarkan penampilannya berbicara untuknya, dan ya ampun, itu berbicara banyak.

"Namun, akhir-akhir ini, George telah mematahkan sumpah kesunyiannya dengan pembalasan. Anda hampir tidak dapat menyalakan televisi di London beberapa minggu tanpa visanya yang membentangkan layar. Ia mengeluarkan surat ke surat kabar, menulis karya tulis, memberikan audiensi kepada wartawan, tegur Bundesbank di depan umum-singkatnya, ia telah menjadi Publik dan juga Legendary Investor.

"... Bahwa George akan merasakan dorongan untuk melolong sedikit tentang usaha filantropisnya, atau bermain filsuf duniawi seperti yang biasa dilakukan orang kaya ketika menghasilkan uang menjadi sedikit membosankan, tidak mengejutkan kita. keras-keras pada hal-hal yang kurang kosmik, seperti apakah tanda deutsch akan naik atau turun atau apakah kita harus mempersingkat franc, bahwa kita menemukan sedikit teka-teki. Jika kita tidak mengenalnya lebih baik, kita akan curiga sentuhan virus umum yang dikenal sebagai keangkuhan. "

Seorang reporter Business Week memiliki kesempatan musim panas itu untuk bertanya kepada Soros mengapa dia menjadi begitu "banyak bicara."

'Aku biasanya tidak ingin memiliki kehadiran publik kecuali aku punya sesuatu untuk dikatakan," Soros memulai. "... Dan sejauh itu mungkin, saya lebih suka mengatakannya dengan kata-kata saya sendiri. Karena itu adalah salah satu kebijakan yang tidak pasti yang saya kembangkan - dan jika saya memberikan wawancara, saya akan dikutip dari Meskipun itu adalah kata-kata saya sendiri, kemiringannya berbeda dari yang saya maksudkan.

"Saya tidak memiliki hubungan cinta-benci [dengan media]. Jika ada, saya [menjaga] jarak yang sangat luas. Jika sekarang Anda menulis kritik yang menghancurkan dan menemukan beberapa kekurangan atau sesuatu dalam diri saya ... itu akan menang ' "Aku tidak terluka. Jadi kau bebas melakukannya."

Soros tampaknya mengatakan bahwa dia tidak benar-benar peduli dengan media, namun jelas bukan itu masalahnya. Tanpa keuntungan dari mesin PR yang besar dan canggih, Soros menjadi agak cerdik sebagai juru bicara terbaiknya sendiri. Dengan cerdik, dia mengerti bahwa dia memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan semuanyapandangannya tentang jika, alih-alih memberikan wawancara ke surat kabar, ia mengirim faks atau menulis surat kepada editor. Berulang kali, tekniknya berhasil. Surat kabar yang menerima faks atau surat Soros akhirnya mencetaknya secara penuh. Dia juga belajar bahwa ada waktu untuk berkomentar kepada pers, dan ada waktu untuk diam. Ketika dia mengambil langkah berani tahun itu dengan mempekerjakan perusahaan hubungan masyarakat luar - Kekst & Co. bergengsi dari New York-Soros ditentukan bahwa mesin publisitas Kekst akan mengatakan sesedikit mungkin tentang dia.

Bagi sebagian orang, Soros, dalam membuat pernyataan publik tentang posisi investasi, terlalu pintar. Salah satu manajer uang terkemuka Wall Street, bersikeras anonimitas, jelas terganggu oleh perilaku Soros: "Saya tidak mengerti alasan semua pernyataan publik ini, terutama ketika mereka secara aktif memperdagangkan pasar." Membuat pernyataan seperti itu, manajer menegaskan, "tidak tepat .... Dalam kasus Soros, itu mungkin bukan masalah hukum, hanya masalah etika."


Tetapi menjelang akhir Agustus, Soros, masih berbicara, melakukan kudeta media lain, kali ini membuka wajahnya di Business Week, sebuah pencapaian yang di masa lalu ia mungkin telah mempertimbangkan ciuman kematian. Beberapa ajudannya menjadi apoplectic.

Hanya bagaimana apoplectic dapat diperoleh dari paragraf pembuka dari cerita sampul.

The Business Week reporter mencatat bahwa Soros hendak memberikan wawancara kepada majalah. Gerard Manolovici, digambarkan sebagai manajer portofolio veteran Soros, merasa terganggu.

"Gary," - dia sedang berbicara dengan Gary Gladstein, kepala administrasi Soros - "kamu harus menghentikannya. Aku serius. Kamu harus menghentikan cerita ini."

Gladstein, menoleh ke reporter itu, tersenyum meminta maaf dan mengamati, "Kami tidak suka publisitas di sekitar sini. Kami suka tidak menonjolkan diri."

Seorang pengamat Wall Street yang berpengetahuan mencatat bahwa bagi seseorang seperti Soros untuk menarik publisitas, "Tidak hanya dianggap tidak bijaksana, tetapi juga dianggap sangat sial. Wall Street adalah sejenis bisnis dan tempat filistin. Dalam operasi investasi George Soros ia dikelilingi oleh orang-orang yang tidak peduli kecuali menghasilkan uang. Mereka tidak peduli dengan tempat mereka dalam sejarah. Soros mungkin, tetapi mereka tidak peduli. Ada kumpulan pengetahuan yang cukup kuat di Wall Street yang mengatakan begitu Anda menjadi mencolok, Anda adalah sejarah. "Begitu kamu mendarat di sampul Business Week, kamu bisa menciumnya selamat tinggal. Dan Soros baru saja di sampulnya."

Soros mendapat tekanan yang meningkat dari para pembantunya sendiri, termasuk Stanley Druckenmiller, untuk mengendalikan lidahnya. Perasaan dalam Manajemen Dana Soros adalah bahwa pengumuman publik Soros telah membuat dana tersebut kurang mobilitas. Seperti yang dicatat oleh salah seorang mantan rekan kerjanya, "Dia mungkin mengira dia adalah hadiah Tuhan bagi investor biasa, tetapi ada fenomena di mana posisinya menjadi begitu besar sehingga dia membutuhkan pembelian lanjutan yang besar untuk mewujudkannya. Dia menjadi pasar dalam beberapa hal. Dia menjadi begitu besar dalam mata uang, begitu besar dalam pendapatan tetap, sehingga dana kehilangan fleksibilitasnya di pasar. "

Jadi setelah musim panas yang banyak bicara tahun 1993, Soros mengadopsi taktik baru. Dia menolak, ketika ditanya oleh wartawan, untuk mengatakan saham atau mata uang apa yang dia suka atau tidak suka. Dia sepertinya merasakan bahwa setiap kata-katanya dipantau. Jika dia memiliki kekuatan yang diperhitungkan kepadanya, itu bisa berbalik melawannya. Dia tahu itu. Maka ia menjadi kurang banyak bicara.


Soros mendapat sedikit tepuk tangan dari para politisi Eropa yang ia coba kembangkan. Mereka marah padanya karena terus "mencampuri" urusan moneter Eropa.

Pada akhir September 1993, menteri luar negeri Belgia Willy Claes, pada waktu itu presiden Dewan Komunitas Masyarakat Eropa juga, menuduh Soros secara tidak langsung berusaha untuk menumbangkan penyebab persatuan Eropa. Dalam sebuah wawancara dengan majalah mingguan Prancis Le Point, Claes mengatakan: "Ada semacam plot. Di dunia Anglo-Saxon, ada organisasi dan kepribadian yang lebih suka Eropa yang terpecah, mengutuk peran ekonomi sekunder, daripada Eropa yang kuat dengan kebijakan moneter dan luar negerinya sendiri. "

Juru bicara Soros, David Kronfeld menepis komentar Claes, mencatat bahwa "kami tidak akan menanggapi omong kosong tentang plot Anglo-Saxon ini." Soros, dia menekankan kembali, lebih menyukai Sistem Moneter Eropa yang efektif tetapi yakin bahwa sistem tersebut tidak lagi berfungsi secara positif untuk negara-negara Eropa sebelum keruntuhannya baru-baru ini.


Secara keseluruhan, tahun 1993 merupakan tahun yang sangat baik bagi Quantum Fund, naik 61,5 persen. Hanya $ 10.000 yang diinvestasikan di Quantum pada tahun 1969 sekarang akan bernilai $ 21 juta. $ 10.000 yang sama dimasukkan ke dalam saham indeks 500 Standard & Poor selama periode yang sama akan bernilai $ 122.000 remeh.

Setiap dana Soros telah melakukannya dengan sangat baik. Yang terbaik adalah Quantum Emerging Growth, naik 109 persen sebelum biaya, diikuti oleh Quantum dan Kuota, masing-masing naik lebih dari 72 persen. Sejak 1969, Soros telah menghasilkan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sekitar 35 persen. Pertumbuhan tahunan untuk S&P 500 hanya 10,5 persen. Pembelian utama Soros pada kuartal terakhir tahun 1993 adalah Paramount Communications; pembelian terbesar kedua dan ketiga di bidang jaringan komputer: Newbridge Networks dan DSC Communications. Penjualan terbesarnya adalah Medco Containment Services, meskipun penjualan besar lainnya menunjukkan bahwa ia berusaha melepaskan diri dari layanan keuangan; dari 10 penjualan terbesarnya, 5 ada di daerah itu.

Grafik berikut menunjukkan kepemilikan saham terbesar Soros; kira-kira setengah dari asetnya ada di saham.

Holdings SAHAM TERBESAR

Perusahaan         Nilai holding (jutaan)Saham yang dimiliki 12/31/93



Penambangan Newmont$ 488
               

8.461.000

Komunikasi Paramount
               

225
               

2,894,000

Deere & Co.
               

116
               

1.569.000

Perkin-Elmer
               

78
               

2.036.000

Home Depot
               

66
               

1.665.000

Jaringan Newbridge

56

1.019.000

Perusahaan         Nilai holding (jutaan) Saham yang dimiliki 12/31/93



Motorola
               

47
               

507.000

Tektronix
               

44
               

1.869.000

Kemper
               

42
               

1.144.000

PEMBELIAN SAHAM KUARTER EMPAT PULUH DITINGKATKAN OLEH DOLAR NILAI

Perusahaan

Saham dibeli, Q 4 1993Saham yang dimiliki, 12/31/93



Komunikasi Paramount
               

1,674,000
               

2,894,000

Jaringan Newbridge
               

569.000
               

1.019.000

Komunikasi DSC
               

439.000
               

651.000

Philip Morris
               

424.000
               

436.000

Motorola
               

253.000
               

507.000

Tuan rumah Marriott
               

2.500.000
               

3.750.000

Teknologi WMX
               

714.000
               

714.000

Raytheon
               

238.000
               

250.000

Produk Rumah Amerika
               

208.000
               

208.000

Penyiaran LIN
               

116.000
               

119.000

PENJUALAN TRIWULAN EMPAT EMPAT DI PERINGKAT DENGAN NILAI DOLAR

Perusahaan             Saham dibeli, Q 4 1993Saham yang dimiliki, 12/31/93



Layanan Kontainmen Medco
               

4.086.000
               

0

Penambangan Newmont
               

365.000
               

8.461.000

Chase Manhattan
               

561.000
               

150.000

Shoney's
               

790.000
               

0

Transamerika
               

275.000
               

0

American Express
               

519.000
               

550.000

Marriott International
               

529.000
               

720.000

Hipotek Nasional Federal
               

185.000
               

145.000

General Re Corporation
               

134.000
               

205.000

Sumber Daya Burlington
               

305.000
               

592.000

Sumber: Federal Filings (dikutip di USA Today, 12 Maret 1994).



Comments

Membaca dimana & kapan saja

DAFTAR BUKU

The Subtle Art Of No Giving a Fuck - Mark Manson - 01

Intelligent Investor - Benjamin Graham - 00

Soros Unauthorized Biography - Robert Slater - 27

Sapiens - Yuval Noah Harari - 01

Intelligent Investor - Benjamin Graham - 01

A Man for All Markets - Edward O.Thorp - 01

The Subtle Art Of No Giving a Fuck - Mark Manson - 02